Selasa, 30 Oktober 2007

New Page 1

PRA UJIAN SEKOLAH

TAHUN 2006 / 2007

MATA PELAJARAN : S E J A R A H / A

KELAS / PROGRAM : XII / ILMU SOSIAL

HARI / TANGGAL : SELASA , 8 MEI 2007

W A K T U : O9.30 - 11.30

PETUNJUK KHUSUS

- Untuk soal no. 1 s.d. 50 pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang pada jawaban a, b,

c, d atau e , pada lembar jawaban !

- Untuk soal no. 51 s.d. no. 55 jawablah semua pertanyaan dengan tepat dan benar !

  1. Berikut ini yang tidak berhubungan dengan pengertian sejarah adalah . . . .
    1. Peristiwa yang terjadi pada manusia di masa lampau
    2. Gambaran peristiwa masa lalu yang teratur
    3. Perubahan dan peristiwa disekitar kita
    4. Ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa yang terjadi di masa lampau
    5. Kejadian yang berhubungan dengan orang atau benda di masa lampau

  1. Penyajian cerita sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu kejadiannya, konsep ini disebut :
    1. Revolusi d. Historiografi
    2. Kronologi e. Periodesasi
    3. Evolusi

  1. Kegiatan untuk menafsirkan suatu peristiwa sejarah disebut . . . .
    1. Interprestasi d. Verifikasi
    2. Heuristik e. Historiografi
    3. Kritik Sumber

  1. Contoh peninggalan sejarah yang dapat dijadikan sebagai wahana sumber rekreatif adalah . . . .
    1. Kerajaan Majapahit dan Candi Prambanan
    2. Masjid Agung Demak dan Kerajaan Mataram Kuno
    3. Menara Masjid Kudus dan Kerajaan Tarumanegara
    4. Candi Borobudur dan Kraton Yogyakarta
    5. Kraton Cirebon dan Kerajaan Singosari

  1. Menurut legenda masyarakat Jawa Timur yang dimaksud dengan tokoh “Panji” adalah . . . .
    1. Sastrawan yang menulis cerita tradisional
    2. Seorang pahlawan yang tak terkalahkan
    3. Seorang pangeran yang selalu kehilangan istrinya
    4. Seorang anak yang tidak patuh terhadap orang tuanya
    5. Seorang yang alim sering menunjukkan keajaiban dalam kehidupannya

1.

  1. Sumber tertulis yang mengungkap tentang berdirinya Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur adalah:
    1. Kata Waprakeswara pada Yupa
    2. Prasasti Pasir Awi
    3. Ditemukannya 7 buah yupa
    4. Ditemukannya patung Siwa di Muara Kaman
    5. Prasasti Tugu

  1. Manusia purba di bawah ini yang tidak termasuk hidup pada Zaman Paleolithikum adalah . . . .
    1. Meganthropus Paleojavanicus
    2. Pithecanthropus Erectus
    3. Homo Soloensis
    4. Homo Wajakensisi
    5. Homo Sapiens

  1. Menurut pendapat R Soekmono yang disebut dengan Revolusi Noelithikum adalah perubahan dari:
    1. Nomaden ke food gathering
    2. Berburu ke bertani
    3. Berburu ke meramu
    4. Food gathering ke food producing
    5. Nomaden ke semi nomaden

  1. Menurut Hipotesis Ksatria bahwa penyebaran agama Hindu di Indonesia dilakukan oleh . . . .
    1. Raja dan tentara yang datang dari India
    2. Orang Indonesia yang belajar di India
    3. Orang buangan karena melanggar aturan kasta
    4. Para Brahmana India yang datang ke Indonesia
    5. Para pedagang India yang masuk ke Indonesia

  1. Penyebaran agama Islam di Nusantara dilakukan melalui saluran . . . .

a

b

c

d

E

- Perkawinan

- Seni patung

- Tasawuf

- Dakwah

- Perdagangan

- Perdagangan

- Pendidikan

- Dakwah

- Perkawinan

- Seni wayang

- Tasawuf

- Peperangan

- Seni wayang

- Pendidikan

- Perkawinan

- Perdagangan

- Seni patung

- Peperangan

- Perkawinan

- Dakwah

- Perkawinan

- Perdagangan

- Seni wayang

- Peperangan

- Seni patung

  1. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1. Utang negara menumpuk

2. Kas negara kosong

3. Beaya peperangan besar

4. Perbaikan ekonomi di tanah jajahan

5. Upah buruh yang tinggi.

Latar belakang pemerintah Belanda menerapkan peraturan Sistem Cultuur Stelsel di Indonesia adalah . . . .

    1. 1, 2 dan 3 d. 1, 3 dan 5
    2. 1, 3 dan 4 e. 3, 4 dan 5
    3. 2, 3 dan 4

  1. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk dampak negatif dari pelaksanaan sistem Tanam Paksa di Indonesia adalah . . . .
    1. Rakyat menjadi semakin miskin
    2. Sawah ladang menjadi terlantar
    3. Beban penduduk makin berat
    4. Bencana kelaparan merajalela
    5. Rakyat bebas dari pembayaran pajak

2.

  1. Tugas pokok Deandles yang diberikan oleh Raja Louis Napoleon pada awal kedatangannya di Indonesia . . . .
    1. Membangun pangkalan AL di Ujung Kulon
    2. Mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris
    3. Membagi pulau Jawa menjadi 9 daerah
    4. Memperbaiki gaji pegawai
    5. Mendirikan badan-badan pengadilan

  1. Seorang tokoh Belanda yang mengatur susunan birokrasi di Indonesia pada abad 19 adalah . . . .
    1. Van den Bosch d. Van de Puttle
    2. Van der Capellen e. Buyskes
    3. Elout

  1. Pangkat tertinggi di Indonesia pada masa penjajahan Belanda adalah . . . .
    1. Gubernur Jendral d. Bupati
    2. Residen e. Wedana
    3. Asisten Residen

  1. Faktor dari Dalam Negeri yang mempengaruhi lahirnya Pergerakan Nasional di Indonesia adalah:
    1. Dilaksanakannya politik pintu terbuka
    2. Peranan kaum bangsawan yang ingin memperjuangkan nasib rakyat
    3. Pembelaan nasib bangsa Indonesia oleh Multatuli
    4. Munculnya golongan terpelajar
    5. Pengaruh kemenangan Jepang terhadap Rusia

  1. Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia yang didirikan oleh “Tiga Serangkai ” pada tahun 1912 di Bandung adalah . . . .
    1. Indische Partij d. Sarekat Islam
    2. Budi Utomo e. PNI
    3. Sarekat Dagang Islam

  1. Sifat-sifat perjuangan organisasi Budi Utomo dalam menghadapi Belanda adalah . . . .

a

b

c

d

E

- Non Kooperasi

- Lokal

- Radikal

- Moderat

- Lokal

- Moderat

- Loyal

- Kooperasi

- Kooperasi

- Radikal

- Lokal

- Moderat

- Progresif

- Lokal

- Kooperasi

- Radikal

- Loyal

- Progresif

- Non Kooperasi

- Moderat

  1. Persamaan strategi perjuangan organisasi PNI dengan ajaran dari Mahatma Gandhi adalah . . . .
    1. Swadesi d. Satya Graha
    2. Hartal e. Moderat
    3. Kooperasi

  1. Tokoh organisasi Pergerakan Nasional tanggal 26 Desember 1935 mengadakan fusi (melebur) Budi Utomo dengan PBI menjadi PARINDRA adalah . . . .
    1. dr. Sutomo d. dr. A. K. Gani
    2. dr. Cipto Mangunkusumo e. Wuryaningrat
    3. Moh. Husni Thamrin

  1. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1. Para pemuda dilatih kemiliteran

2. Menghilangkan rasa nasionalisme di kalangan rakyat

3. Membebaskan bangsa Asia dari penjajahan Barat

4. Rakyat dijadikan sebagai tenaga Romusha

5. Jepang akan melaksanakan pembangunan untuk kemakmuran bersama di Asia Timur Raya

Cara Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia adalah . . . .

    1. 1, 2 dan 3 d. 2, 4 dan 5
    2. 1, 2 dan 4 e. 3, 4 dan 5
    3. 1, 3 dan 5

3.

  1. Dampak pendudukan Jepang dalam bidang pendidikan yang paling terasa bagi bangsa Indonesia adalah . . . .
    1. Militerisme d. Liberalisme
    2. Demokrasi e. Kapitalisme
    3. Sintoisme

  1. Tentara RI yang berada di daerah pendudukan Belanda harus ditarik ke daerah RI . Ungkapan ini merupakan hasil keputusan perjanjian . . . .
    1. Linggarjati d. K M B
    2. Renville e. Roem Roeyen
    3. Inter Indonesia

  1. Berikut ini yang bukan menjadi tugas / wewenang KTN selama di Indonesia adalah . . . .
    1. Mengambil keputusan di bidang militer
    2. Menjadi wasit (Arbitrase) antara Indonesia dan Belanda
    3. Membantu menyelesaikan sengketa Indonesia - Belanda
    4. Mengambil inisatif di bidang politik
    5. Memberi rekomendasi kepada Indonesia dan Belanda

  1. Alasan bangsa Indonesia memilih bentuk Negara Kesatuan adalah . . . .
    1. Keinginan dari para pendiri RI
    2. Proklamasi merupakan hasil perjuangan dari sekelompok orang
    3. Merupakan sarana untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang tersebar di berbagai pulau
    4. Memenuhi permintaan rakyat Indonesia di bagian Timur
    5. Agar negara Indonesia tidak dipecah lagi oleh Belanda dalam Negara Boneka

  1. “Rakyat Indonesia diberi kebebasan untuk membentuk partai politik.” Pernyataan tersebut merupakan dampak dikeluarkannya . . . .
    1. Maklumat Wakil Presiden No. X tanggal 16 Oktober 1945
    2. Maklumat Pemerintah tanggal 3 November 1945
    3. Maklumat Pemerintah tanggal 14 November 1945
    4. Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1950
    5. Konsepsi Presiden tanggal 21 Februari 1957

  1. Gambar di bawah ini merupakan partai pemenang ke . . . dalam Pemilu tahun 1955.

    1. 1.
    2. 2.
    3. 3.
    4. 4.
    5. 5.

  1. Salah satu usaha pemerintah untuk mengatasi kondisi ekonomi pada masa demokrasi liberal yaitu dengan mengadakan sanering yang dikenal dengan nama . . . .
    1. Obligasi d. Gunting Syafrudin
    2. Devaluasi e. Sistem Ali-Baba
    3. Nasionalisasi

  1. Tokoh ekonomi Indonesia yang mendapat julukan “ Begawan Ekonomi Indonesia “ adalah . . . .
    1. Soemitro Djoyohadikusumo d. N a t s i r
    2. Sukiman e. Margono Djoyohadikusumo
    3. Iskaq Tjokroadisuryo

  1. “ Gagalkan pembentukan Negara Papua bikinan kolonial Belanda “ , merupakan isi dari . . . .
    1. Dwikora d. Konfrontasi Malaysia
    2. Trikora e. Hasil UNTEA
    3. Pesetujuan New York

4.

  1. Dampak pelaksanaan demokrasi terpimpin terhadap bidang ekonomi yaitu . . . .
    1. Penanganan masalah ekonomi tidak rasional
    2. Rencana pembangunan tidak matang karena tidak didahului dengan survei
    3. Struktur ekonomi mengarah ke etatisme
    4. Membentuk perusahaan negara
    5. Proyek yang sudah direncanakan sering diterlantarkan

  1. Di bawah ini adalah pahlawan Revolusi yang gugur di Lubang Buaya akibat tindakan G 30 S/ PKI, kecuali . . . .
    1. Haryono, MT
    2. R. Soerapto
    3. D. I. Panjaitan
    4. Soetoyo Siswomiharjo
    5. K a t a m s o

  1. Kondisi ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru yaitu . . . .
    1. Adanya 5 paket UU yang mengandung ketidakadilan
    2. Adanya krisis moral
    3. Nepotisme dari anggota DPR
    4. Disalahgunakannya dana BLBI
    5. Cenderung Jakarta centris

  1. Revolusi Hijau merupakan pengembangan teknologi pertanian yang dapat diartikan sebagai . . . .
    1. Peningkatan produksi terutama serealia
    2. Peningkatan mutu produksi pangan
    3. Penghijauan yang dilakukan di lahan-lahan kritis
    4. Mengadakan penghijauan hutan-hutan gundul
    5. Penanaman jenis tanaman tertentu

  1. Sejak pertengahan tahun 1997 bangsa Indonesia kesulitan beras karena . . . .
    1. Tidak ada kesungguhan pemerintah meningkatkan hasil pertanian
    2. Kegagalan pemerintah dalam panen raya di Kalimantan
    3. Adanya musim kemarau yang berkepanjangan
    4. Terjadinya serangan hama
    5. Para petani kehilangan gairah kerja karena harga gabah terlalu rendah

  1. Terjadinya Perang Dingin antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat dimulai pada . . . .
    1. Pembebasan Eropa Timur dari Jerman
    2. Penyerangan Amerika Serikat terhadap Jepang
    3. Pembagian Jerman menjadi empat daerah pendudukan
    4. Pembagian kota Berlin menjadi dua
    5. Pendudukan Amerika Serikat atas Korea Selatan

  1. ASEAN yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 bertujuan untuk . . . .
    1. Mencegah intervensi Jepang di bidang ekonomi
    2. Menghindari persaingan tidak sehat antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara
    3. Membendung meluasnya pengaruh komunisme di Asia Tenggara
    4. Mempercepat pertumbuhan eksosbud dan stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara
    5. Menghindari ketergantungan Asia Tenggara terhadap dominasi Amerika Serikat

  1. Munculnya pernyataan Glasnot dan Perestroika dari Mikhail Gorbachev membawa pengaruh yang sangat luas di Eropa Timur karena . . . .
    1. Memberikan kebebasan hidup bagi rakyat
    2. Memajukan tingkat kesejahteraan rakyat
    3. Menghilangkan rasa takut rakyat terhadap kekuasaan pemerintah
    4. Pemerintah berkewajiban mengekang kehidupan rakyat
    5. Melaksanakan politik kebebasan dan keterbukaan untuk menciptakan kehidupan demokrasi

5.

  1. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1. Demiliterisasi Jepang

2. Jerman dibagi menjadi 4 daerah pendudukan

3. Penjahat perang harus dihukum

4. Jerman harus menjadi anggota NATO

Dari pernyataan di atas, yang merupakan isi dari perjanjian Potsdam adalah nomor . . . .

    1. 1 , 2 d. 2 , 3
    2. 1 , 3 e. 3 , 4
    3. 1 , 4

  1. Adanya penandatanganan rumusan penyatuan Jerman merupakan arti penting dari pertemuan “Dua Plus Empat” di Moskow pada tanggal . . . .
    1. 9 September 1989
    2. 12 September 1990
    3. 3 Oktober 1990
    4. 2 Desember 1990
    5. 10 Desember 1990

  1. PM Kamboja yang berasal dari Vietnam adalah . . . .
    1. Hun Sen d. Norodom Ranaridh
    2. Heng Samrin e. Pol Pot
    3. Norodom Sihanouck

  1. “Jakarta Informal Meeting” dilaksanakan dengan tujuan utama untuk . . . .
    1. Memberikan sanksi terhadap Vietnam
    2. Menghukum Pol Pot yang dianggap telah melakukan pembantaian terhadap rakyat Kamboja
    3. Membuktikan Indonesia peduli dengan perjuangan rakyat Kamboja
    4. Mencari jalan keluar terhadap masalah Kamboja
    5. Membentuk CGDK

  1. UNAMIC merupakan pasukan perdamaian PBB yang dibentuk untuk mengatasi masalah di negara:
    1. Mesir d. Turki
    2. Congo e. Afrika Selatan
    3. Kamboja

  1. Pada awal meletusnya Perang Teluk II, Irak mengarahkan rudal-rudalnya ke Israel, tujuannya adalah . . . .
    1. Irak berusaha menarik perhatian negara-negara Arab
    2. Memancing kemarahan Israel untuk ikut perang
    3. Menyingkirkan wilayah yang dikuasai Israel
    4. Menduduki wilayah yang dikuasai Israel
    5. Menjadikan Israel sebagai batu loncatan ke Laut Tengah

  1. Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang mempersulit persatuan Timur Tengah adalah . . . .
    1. Mempunyai pandangan pro Barat dan anti Barat
    2. Ada negara yang pro dan anti komunis
    3. Ada negara yang revolusioner dan konservatif
    4. Ada yang bersifat radikal dan moderat terhadap Israel
    5. Masalah perkembangan zionisme di Timur Tengah

  1. Di bawah ini adalah tokoh yang terlibat dalam perjanjian Oslo untuk mengatasi masalah Palestina – Israel . . . .
    1. Anwar Sadat – Ehud Barak – Husni Mubarak
    2. Yasser Arafat – Richard Nixon – Benyamin Netanyahu
    3. Yitzak Rabin – Husni Mubarak – Bill Clinton
    4. Manachem Begin – Anwar Sadat – Jimmy Charter
    5. Yasser Arafat – Yitzak Rabbin – Bill Clinton

6.

  1. Pengaruh berkembangnya Apartheid di Afrika Selatan sangat dirasakan oleh masyarakat . . . .
    1. Merajalelanya tindakan yang dilakukan oleh kulit hitam
    2. Pertentangan antar sesama bangsa kulit hitam
    3. Bangsa kulit putih melaksanakan politik monopoli
    4. Terjadinya pemisahan antara kulit putih dan kulit hitam
    5. Bangkitnya kulit hitam menentang pendudukan bangsa kulit putih

  1. Politik diskriminasi tampak di stasiun kereta api, disitu tertulis “European Only” dan “Non European Only” dimana terjadinya?
    1. Kimberly d. East London
    2. Vryheid e. Bloomfontein
    3. Johanesburg

  1. Pasukan perdamaian Indonesia yang tergabung dalam UNPROFOR dalam misinya ke Bosnia yaitu:
    1. Garuda XIII d. Garuda XV B
    2. Garuda XIV e. Garuda XXV
    3. Garuda XV A

  1. Salah satu etnis di Yugoslavia yag dipimpin oleh Aliga Izetbegovic adalah . . . .
    1. Bosnia d. Mentenegro
    2. Serbia e. Macedonia
    3. Croatia

ESSAY

  1. Sebutkan masing-masing 3 kerajaan yang bercorak Hindu-Budha!

  1. Sebutkan 4 dampak pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang budaya!

  1. Sebutkan Sapta Usaha Tani!

  1. Sebutkan 3 cara yang dilakukan oleh Negara Adikuasa selama Perang Dingin berlangsung!

  1. Sebutkan 3 akibat di bidang politik setelah dilaksanakan Glasnot, Perestroika, dan Demokratizatzia!

7.